Jumat, 02 Desember 2016

Makalah TIK

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang hingga saat ini masih melimpahkan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Mengolah Dokumen Pengolah Angka untuk Menghasilkan Informasi“. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW, para sahabta, tabi’innya, dan kita selaku ummatnya. Tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada bapak dosen mata kuliah TIK yang telah memberikan tugas ini kepada penulis.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis mendapatkan banyak kendala dan hambatan. Namun berkat semua pihak, penulis akhirnya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak agar kelak menjadi masukan kepada penulis untuk penyusunan makalah di masa yang akan datang.

Ciamis,      Oktober 2016

Penulis








DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang......................................................................................... 1         
1.2 Rumusan Masalah ................................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan ..................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Cara Menggunakan Tabel ........................................................................ 1
2.2 Cara Menggunakan Grafik ...................................................................... 6
2.3 Cara Menggunakan Gambar .................................................................... 9
2.4 Cara Menggunakan Fungsi Statistik ....................................................... 11
2.5 Cara Menggunakan Fungsi Logika ......................................................... 16
BAB III PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan .............................................................................................. 20
DAFTAR PUSTAKA














BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Komputer adalah salah satu perangkat teknologi yang nyata dan dapat membantu, mempermudah serta mempercepat pekerjaan kita. Berbagai fasilitas dan kecanggihannya membuat kita tertarik dan membutuhkan pengetahuan di bidang komputer.  Di dalam komputer ada banyak aplikasi diantara Miscrosoft Word, Microsoft Excel, Power Point, dan lain sebagainya. Dalam makalah ini, penulis menyajikan beberapa aplikasi yaitu tentang Microsoft Excel.  
1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana cara menggunakan tabel?
2.      Bagaimana cara menggunakan grafik?
3.      Bagaimana cara menggunakan gambar?
4.      Bagaimana cara menggunakan fungsi logika?
5.      Bagaimana cara menggunakan fungsi statistik?
1.3  TUJUAN
1.      Supaya mahasiswa mengetahui cara menggunakan tabel.
2.      Supaya mahasiswa mengetahui cara menggunakan grafik.
3.      Supaya mahasiswa mengetahui cara menggunakan gambar.
4.      Supaya mahasiswa mengetahui cara menggunakan fungsi logika.
5.      Supaya mahasiswa mengetahui cara menggunakan fungsi statistik.








BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Cara Menggunakan Tabel
A.    Membuat Judul Tabel
Ada berbagai jenis judul tabel, terdiri dari 1 baris, 2 baris, dan seterusnya. Beikut langkah-langkah membuat judul tabel terdiri dari 1 baris:
1.      Bloklah baris lebar tabel.
2.      Kliklah icon Merge dan Certer pada toolbar formatting (untuk menggabungkan sel dan menempatkan teks ditengah-tengah sel).
3.      Ketikkan judul tabel, misal : “DAFTAR PEMBELIAN KOMPUTER”
4.      Tekanlah Enter.
Selanjutnya langkah-langkah membuat judul tabel terdiri dari 2 baris atau lebih:
1.      Bloklah 2 baris selebar tabel.
2.      Ketikkan judul tabel baris pertama, missal “DAFTAR NILAI ULANGAN MADILAT KOMPUTER”.
3.      Tekanlah tombol Alt + Enter secara bersamaan. Kursor berada di bawah kata computer.
4.      Ketikkan judul tabel baris kedua, missal “KELAS 1A KELOMPOK LIMA”.
5.      Tekanlah Enter.
B.     Membuat Tabel
Berikut langkah-langkah membuat table:
1.      Blokkan beberapa sel atau range. Lihatlah gambar berikut ini:
2.      Buatlah bingkai (Border memalui format sel atau menggunakan icon Borders pada toolbar formatting.
3.      Ketikan data di dalam table. Lihatlah gambar table berikut ini:
C.     Mengatur Judul Kolom
Ada berbagai tampilan judul kolom. Kesemua tampilan dapat diatur melalui format sel. Berikut beberapa contoh mengatur judul kolom:
1.      Bloklah judul kolom. Lihatlah gambar berikut ini:
2.      Kliklah menu Format.
3.      Pilih dan kliklah Cell.
4.      Kliklah tab Aligment.
5.      Kliklah tombol panah pada kotak pilihan Horizontal.
6.      Pilih dan kliklah salah satu pilihan yang disediakan misal center.
7.      Kliklah tombol panah pada kotak pilihan Vertical.
8.      Pilih dan kliklah salah satu pilihan, misal Top.
9.      Kliklah tombol perintah OK. Lihatlah letak judul kolom pada table berikut ini:
Berikut contoh lainnya membuat judul kolom
1.      Bloklah judul kolom.
2.      Kliklah menu Format.
3.      Pilih dan kliklah Cell.
4.      Kliklah tab Aligment.
5.      Kliklah tombol panah pada kotak pilihan Horizontal.
6.      Pilih dan kliklah salah satu pilihan yang disediakan misal Center.
7.      Kliklah tombol panah pada kotak pilihan Vertical.
8.      Pilih dan kliklah salah satu pilihan, misal Center. Lihatlah gambar berikut ini:
Text Box: TAB
9.      Kliklah tombol perintah OK. Lihatlah gambar berikut ini:

D.    Menghapus Tabel
Berikut langkah-langkahnya:
1.      Bloklah table. Lihatlah gambar table berikut ini:
2.      Kliklah menu Edit.
3.      Pilih dan kliklah Delete. Lihatlah gambar:
4.      Kliklah tombol isian Shift Cell Left.
5.      Klik OK.
2.2  Cara Menggunakan  Grafik
A.    Membuat Grafik
Grafik adalah gambar dlam bentuk baris, kurva, dan sebagainya yang merupakan hasil dari pengolah data. Berikut lankah-langkah membuat grafik:
1.      Bloklah data table (sel B4 s/d F14) lihatlah gambar table berikut ini:
2.      Kliklah icon Insert  Chart  pada toolbar standar. Lihatlah table berikut ini.
3.      Kliklah tombol perintah OK. Lihatlah gambar berikut ini.

B.     Memilih tipe grafik
Selain Microsoft Word, Microsoft excel juga menyediakan berbagai tipe grafik untuk data anda. Berikut langkah-langkah memilih tipe grafik:
1.      Arahkan pointer pada grafik, kemudian klik. Tanpa titik-titik kotak hitam disekeliling grafik.
2.      Kliklah grafik dengan tombol mouse sebelah kanan. Muncul daftar menu pop up. Lihatlah gambar berikut ini:
3.      Pilih dan kliklah chart tipe. Lihatlah gambar berikut:
4.      Pilih dan kliklah satu-satu tipe grafik pada kotak daftar pilihan chart tipe, misal bar.
5.      Kliklah tombol perintah OK.
C.     Memasukan gambar kedalam grafik
Berikut langkah-langkahnya:
1.      Arahkan pointer pada grafik, kemudian klik.
2.      Kliklah grafik dengan tombol mouse sebelah kanan. Muncul daftar menu pop up.
3.      Pilih dan kliklah format chart area. Lihatlah gambar berikut ini.
4.      Klik tombol perintah fill effect. Lihatlah gambar berikut ini.
5.      Klik tombol perintah picture or texture fill.
6.      Pilih dan kliklah salah satu objek gambar.
7.      Klik OK.
D.    Memindahkan posisi grafik
Berikut langkah-langkah:
1.      Arahkan pointer pada grafik, kemudian klik titik tanpa titik-titik kotak hitam disekeliling grafik.
2.      Draglah mouse (tombol mouse sebelah kiri ditekan dan ditahan kemudian digeser) ke posisi yang anda kehendaki, kemudian lepaskan tombol mouse.
E.     Menghapus grafik
Berikut langkah-langkahnya:
1.      Arahkan pointer pada grafik, kemudian klik titik tanpa titik-titik kotak hitam disekeliling grafik.
2.      Tekanlah delete.
2.3  Cara Menggunakan Gambar
A.    Menggunakan AutoShape
Autoshape adalah fasilitas Microsoft word yang menyediakan berbagai menu gambar, seperti lines, basic shape, blok arrow, flow chart, start and banners dan callouts. LIhatlah gambar berikut ini.
            Langkah-langkah menggunakan Autoshapes, yaitu dengan memilih menu dari Autoshape tersebut yang anda sukai.
1)      Memasukan ClipArt
Berikut langkah-langkahnya:
1.      Klik menu insert
2.      Pilihlah picture. Lihatlah gambar berikut ini:
3.      Pilih dan kliklah ClipArt. Muncul taks pans insert ClipArt.
4.      Pilihlah salah satu ClipArt.
5.      Kliklah tombol panah yang terdapat pada ClipArt. Muncul daftar menu.
6.      Pilih dan kliklah insert.
2)      Mengelompokkan gambar
Sebelumnya anda harus memiliki beberapa bua gambar atau clip untuk dikelompokkan. Lihatlah gambar berikut ini:
Berikut langkah langkah mengelompokkan gambar:
1.      Kliklah clip gambar 1. Muncul titik-titik bulat disekitar klip gambar 1.
2.      Tekanlah tombol shift (tahan jangan dilepaskan).
3.      Kliklah clip gambar 2. Muncul titik-titik bulat idsekitar clip gambar 1 dan 2 secara terpisah.
4.      Kliklah pointer gambar 1. Muncul titik-titik bulat disekitar clip gambar 1, 2, dan pointer gambar 1 secara terpisah.
5.      Kliklah pointer gambar 2. Muncul titik-titik bulat disekitar clip gambar 1, 2, dan pointer gmabar 1, dan 2 secra terpisah.
6.      Klila tombol mouse sebelah kanan (pointer berbentuk tanda tamabh berujungpanah). Muncul daftar menu pop-up.
7.      Pilihlah grouping.
8.      Pilih dan klilah grup. Tampak titik-titik bulat melingkari clip 1, 2, pointer clip 1 dan 2 secara menyatu. Lihatlah gambar berikut:


2.4 Cara Menggunakan Fungsi Statistik
Fungsi statistik adaah fungsi yang digunakan untuk melakukan proses matematis tanpa harus deiseetai dengan fungsi lain seperti IF dan sebagainya. Beberapa fungsi yang tergolong ke dalam fungsi statistik diantaranya: sum, max, min, average, product, count.



A.    Fungsi Sum
Fungsi sum digunakan untuk menghitung atau mencari nilai total dan sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range.
Rumus: =SUM(range).
Catatan:
Rumus harus dimulai dengan tanda = (sama dengan), sehingga excel mengenali bahwa data adalah sebuah rumus/formula. Berikut adalah berbagai operator dalam sebuah rumus:

OPERATOR
PERINTAH
+
Penambahan.
-
Pengurangan.
/
Pembagian.
%
Persentase.
^
Perpangkatan.
=
Perbandingan.
> 
Perbandingan lebih besar.
< 
Perbandingan lebih kecil.
>=
Perbandingan lebih besar atau sama dengan.
<=
Perbandingan lebih kecil atau sama dengan.
< >
Perbandingan tidak sama dengan.

            Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi sum:
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 1.jpg
Kliklah sel G7 (untuk mengetahui nilai jumlah).
Ketikkan rumus “=SUM(C6:F6)”.
Tekanlah Enter. Muncul nilai jumlah pada sel G6.
Description: BARU 2.jpg
Fungsi Average
Fungsi average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan bilangan yang terdapat dalam suatu range.
Rumus: =AVERAGE(range)
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi average:
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 4.jpg
Kliklah sel F6 (untuk mengetahui nilai rata-rata)
Ketikkan rumus “=AVERAGE(D6:E6)”.
Tekanlah Enter. Muncul nilai rata-rata pada sel F6.
Description: BARU 5.jpg
Fungsi Max
Fungsi max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sedereta bilangan yang terdapat dalam suatu range.
Rumus: =MAX(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi max:
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 6.jpg
Kliklah sel C12 (untuk mengetahui nilai max).
Ketikkan rumus “=MAX(C6:C10)”
Tekanlah Enter. Muncul nilai max pada sel C12.
Description: BARU 7.jpg
5.4 Fungsi Min
Fungsi min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range.
Rumus: =MIN(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi min:
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 8.jpg
Kliklah sel C13 (untuk mengetahui niai min).
Ketikkan rumus “=MIN(C7:C11).
Description: BARU 9.jpg
2.5 Cara Menggunakan Fungsi Logika
Fungsi product digunakan untuk mengetahui hasil perkalian dari sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range.
Rumus: =PRODUCT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi product
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 12.jpg
Kliklah sel F5 (untuk mengetahui nilai total).
Ketikkan rumus “=PRODUCT(D5:E5)”.
Tekaknlah Enter. Muncul nilai total pada sel F5.
Description: BARU 11.jpg
2.5 Fungsi Logika
Fungsi count digunakan untuk mengetahui jumlah sederetan nilai sel yang terdapat dalam range. Dengan kata lain count tidak berfungsi mengetahui jumlah nilai suatu range, akan tetapi hanya mengetahui jumlah sederetan nilai sel.
Rumus: =COUNT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung fungsi acount:
Buatlah tabel berikut ini.
Description: BARU 13.jpg
Kliklah sel C11 (untuk mengetahui nilai jumlah).
Ketikkan rumus “=COUNT(C3:C9).
Tekanlah Enter. Muncul nilai jumlah pada sel C11.
Description: BARU 14.jpg

Menghitung dengan Rumus IF
Fungsi IF digunakan untuk menentukan suatu tes logika yang berbentuk =IF(nilai jika lulus, nilai jika tidak lulus). Contoh siswa kelas 1A melaksanakan ulangan Madiklat komputer. Bagi siswa yang memperoleh nilai lebih dari 60 “LULUS”, jika sama dengan atau kurang dari 60 “TIDAK LULUS”. Dengan fungsi IF, Komputer secara otomatis memberi keterangan dari masing-masing siswa, bergantung dari data yang diprosesnya.
Rumus: =IF(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi IF:
Buatlah tabel berikut.
Description: BARU 15.jpg
Kliklah sel E5 (untuk mengetahui keterangan).
Ketikkan rumus =IF(D4>60,”Lulus”,”Tidak Lulus”).
Tekanlah Enter. Muncul keterangan pada sel E4.
Description: BARU 16.jpg




BAB III
PENUTUPAN
3.1  Kesimpulan
Banyak langkah untuk menggunakan Tabel, Grafik, Gambar, Fungsi Statisik dan Fungsi Grafik. Sesuai minat yang diinginkan.




























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar