KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang hingga saat ini masih melimpahkan karunianya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Mengolah Dokumen
Pengolah Angka untuk Menghasilkan Informasi“. Sholawat
serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi
Muhammad SAW, para sahabta, tabi’innya, dan kita selaku ummatnya. Tidak lupa
penulis ucapkan terima kasih kepada bapak dosen mata kuliah TIK yang telah
memberikan tugas ini kepada penulis.
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis mendapatkan banyak kendala dan hambatan. Namun
berkat semua pihak, penulis akhirnya dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada
waktunya. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua
pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh
dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun dari semua pihak agar kelak menjadi masukan kepada penulis untuk
penyusunan makalah di masa yang akan datang.
Ciamis, Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang......................................................................................... 1
1.2 Rumusan Masalah ................................................................................... 1
1.3 Tujuan Penulisan ..................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Cara Menggunakan Tabel ........................................................................ 1
2.2 Cara
Menggunakan Grafik ...................................................................... 6
2.3 Cara Menggunakan Gambar .................................................................... 9
2.4 Cara Menggunakan Fungsi Statistik ....................................................... 11
2.5 Cara Menggunakan Fungsi Logika ......................................................... 16
BAB III PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan .............................................................................................. 20
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Komputer adalah salah satu perangkat teknologi yang nyata dan dapat
membantu, mempermudah serta mempercepat pekerjaan kita. Berbagai fasilitas dan
kecanggihannya membuat kita tertarik dan membutuhkan pengetahuan di bidang
komputer. Di dalam komputer ada banyak
aplikasi diantara Miscrosoft Word, Microsoft Excel, Power Point, dan lain
sebagainya. Dalam makalah ini, penulis menyajikan beberapa aplikasi yaitu
tentang Microsoft Excel.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana
cara menggunakan tabel?
2.
Bagaimana
cara menggunakan grafik?
3.
Bagaimana
cara menggunakan gambar?
4.
Bagaimana
cara menggunakan fungsi logika?
5. Bagaimana cara menggunakan fungsi statistik?
1.3 TUJUAN
1.
Supaya
mahasiswa mengetahui cara menggunakan tabel.
2.
Supaya
mahasiswa mengetahui cara menggunakan grafik.
3.
Supaya
mahasiswa mengetahui cara menggunakan gambar.
4.
Supaya
mahasiswa mengetahui cara menggunakan fungsi logika.
5.
Supaya
mahasiswa mengetahui cara menggunakan fungsi statistik.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Cara
Menggunakan Tabel
A.
Membuat
Judul Tabel
Ada
berbagai jenis judul tabel, terdiri dari 1 baris, 2 baris, dan seterusnya.
Beikut langkah-langkah membuat judul tabel terdiri dari 1 baris:
1.
Bloklah
baris lebar tabel.
2.
Kliklah
icon Merge dan Certer pada toolbar formatting (untuk menggabungkan sel dan
menempatkan teks ditengah-tengah sel).
3.
Ketikkan
judul tabel, misal : “DAFTAR PEMBELIAN KOMPUTER”
4.
Tekanlah
Enter.
Selanjutnya
langkah-langkah membuat judul tabel terdiri dari 2 baris atau lebih:
1.
Bloklah
2 baris selebar tabel.
2.
Ketikkan
judul tabel baris pertama, missal “DAFTAR NILAI ULANGAN MADILAT KOMPUTER”.
3.
Tekanlah
tombol Alt + Enter secara bersamaan. Kursor berada di bawah kata computer.
4.
Ketikkan
judul tabel baris kedua, missal “KELAS 1A KELOMPOK LIMA”.
5.
Tekanlah
Enter.
B.
Membuat
Tabel
Berikut
langkah-langkah membuat table:
1.
Blokkan
beberapa sel atau range. Lihatlah gambar berikut ini:
2.
Buatlah
bingkai (Border memalui format sel atau menggunakan icon Borders pada toolbar
formatting.
3.
Ketikan
data di dalam table. Lihatlah gambar table berikut ini:
C.
Mengatur
Judul Kolom
Ada
berbagai tampilan judul kolom. Kesemua tampilan dapat diatur melalui format
sel. Berikut beberapa contoh mengatur judul kolom:
1.
Bloklah
judul kolom. Lihatlah gambar berikut ini:
2.
Kliklah
menu Format.
3.
Pilih
dan kliklah Cell.
4.
Kliklah
tab Aligment.
5.
Kliklah
tombol panah pada kotak pilihan Horizontal.
6.
Pilih
dan kliklah salah satu pilihan yang disediakan misal center.
7.
Kliklah
tombol panah pada kotak pilihan Vertical.
8.
Pilih
dan kliklah salah satu pilihan, misal Top.
9.
Kliklah
tombol perintah OK. Lihatlah letak judul kolom pada table berikut ini:
Berikut
contoh lainnya membuat judul kolom
1.
Bloklah
judul kolom.
2.
Kliklah
menu Format.
3.
Pilih
dan kliklah Cell.
4.
Kliklah
tab Aligment.
5.
Kliklah
tombol panah pada kotak pilihan Horizontal.
6.
Pilih
dan kliklah salah satu pilihan yang disediakan misal Center.
7.
Kliklah
tombol panah pada kotak pilihan Vertical.
8.
Pilih
dan kliklah salah satu pilihan, misal Center. Lihatlah gambar berikut ini:
9.
Kliklah
tombol perintah OK. Lihatlah gambar berikut ini:
D.
Menghapus
Tabel
Berikut
langkah-langkahnya:
1.
Bloklah
table. Lihatlah gambar table berikut ini:
2.
Kliklah
menu Edit.
3.
Pilih
dan kliklah Delete. Lihatlah gambar:
4.
Kliklah
tombol isian Shift Cell Left.
5.
Klik
OK.
2.2
Cara Menggunakan Grafik
A.
Membuat
Grafik
Grafik adalah gambar dlam bentuk baris, kurva, dan sebagainya yang
merupakan hasil dari pengolah data. Berikut lankah-langkah membuat grafik:
1.
Bloklah
data table (sel B4 s/d F14) lihatlah gambar table berikut ini:
2.
Kliklah
icon Insert Chart pada toolbar standar. Lihatlah table berikut
ini.
3.
Kliklah
tombol perintah OK. Lihatlah gambar berikut ini.
B.
Memilih
tipe grafik
Selain Microsoft Word, Microsoft excel juga menyediakan berbagai
tipe grafik untuk data anda. Berikut langkah-langkah memilih tipe grafik:
1.
Arahkan
pointer pada grafik, kemudian klik. Tanpa titik-titik kotak hitam disekeliling
grafik.
2.
Kliklah
grafik dengan tombol mouse sebelah kanan. Muncul daftar menu pop up. Lihatlah
gambar berikut ini:
3.
Pilih
dan kliklah chart tipe. Lihatlah gambar berikut:
4.
Pilih
dan kliklah satu-satu tipe grafik pada kotak daftar pilihan chart tipe, misal
bar.
5.
Kliklah
tombol perintah OK.
C.
Memasukan
gambar kedalam grafik
Berikut
langkah-langkahnya:
1.
Arahkan
pointer pada grafik, kemudian klik.
2.
Kliklah
grafik dengan tombol mouse sebelah kanan. Muncul daftar menu pop up.
3.
Pilih
dan kliklah format chart area. Lihatlah gambar berikut ini.
4.
Klik
tombol perintah fill effect. Lihatlah gambar berikut ini.
5.
Klik
tombol perintah picture or texture fill.
6.
Pilih
dan kliklah salah satu objek gambar.
7.
Klik
OK.
D.
Memindahkan
posisi grafik
Berikut langkah-langkah:
1.
Arahkan
pointer pada grafik, kemudian klik titik tanpa titik-titik kotak hitam
disekeliling grafik.
2.
Draglah
mouse (tombol mouse sebelah kiri ditekan dan ditahan kemudian digeser) ke
posisi yang anda kehendaki, kemudian lepaskan tombol mouse.
E.
Menghapus
grafik
Berikut langkah-langkahnya:
1.
Arahkan
pointer pada grafik, kemudian klik titik tanpa titik-titik kotak hitam
disekeliling grafik.
2.
Tekanlah
delete.
2.3 Cara Menggunakan Gambar
A.
Menggunakan
AutoShape
Autoshape adalah fasilitas Microsoft word yang menyediakan berbagai
menu gambar, seperti lines, basic shape, blok arrow, flow chart, start and
banners dan callouts. LIhatlah gambar berikut ini.
Langkah-langkah menggunakan
Autoshapes, yaitu dengan memilih menu dari Autoshape tersebut yang anda sukai.
1)
Memasukan
ClipArt
Berikut
langkah-langkahnya:
1.
Klik
menu insert
2.
Pilihlah
picture. Lihatlah gambar berikut ini:
3.
Pilih
dan kliklah ClipArt. Muncul taks pans insert ClipArt.
4.
Pilihlah
salah satu ClipArt.
5.
Kliklah
tombol panah yang terdapat pada ClipArt. Muncul daftar menu.
6.
Pilih
dan kliklah insert.
2)
Mengelompokkan
gambar
Sebelumnya anda harus memiliki beberapa bua
gambar atau clip untuk dikelompokkan. Lihatlah gambar berikut ini:
Berikut langkah langkah mengelompokkan gambar:
1.
Kliklah
clip gambar 1. Muncul titik-titik bulat disekitar klip gambar 1.
2.
Tekanlah
tombol shift (tahan jangan dilepaskan).
3.
Kliklah
clip gambar 2. Muncul titik-titik bulat idsekitar clip gambar 1 dan 2 secara
terpisah.
4.
Kliklah
pointer gambar 1. Muncul titik-titik bulat disekitar clip gambar 1, 2, dan
pointer gambar 1 secara terpisah.
5.
Kliklah
pointer gambar 2. Muncul titik-titik bulat disekitar clip gambar 1, 2, dan
pointer gmabar 1, dan 2 secra terpisah.
6.
Klila
tombol mouse sebelah kanan (pointer berbentuk tanda tamabh berujungpanah).
Muncul daftar menu pop-up.
7.
Pilihlah
grouping.
8.
Pilih
dan klilah grup. Tampak titik-titik bulat melingkari clip 1, 2, pointer clip 1
dan 2 secara menyatu. Lihatlah gambar berikut:
2.4 Cara
Menggunakan Fungsi Statistik
Fungsi statistik adaah fungsi yang digunakan untuk melakukan proses
matematis tanpa harus deiseetai dengan fungsi lain seperti IF dan sebagainya.
Beberapa fungsi yang tergolong ke dalam fungsi statistik diantaranya: sum, max,
min, average, product, count.
A.
Fungsi
Sum
Fungsi sum digunakan untuk menghitung atau mencari nilai total dan
sederetan nilai yang terdapat dalam suatu range.
Rumus:
=SUM(range).
Catatan:
Catatan:
Rumus
harus dimulai dengan tanda = (sama dengan), sehingga excel mengenali bahwa data
adalah sebuah rumus/formula. Berikut adalah berbagai operator dalam sebuah
rumus:
OPERATOR
|
PERINTAH
|
+
|
Penambahan.
|
-
|
Pengurangan.
|
/
|
Pembagian.
|
%
|
Persentase.
|
^
|
Perpangkatan.
|
=
|
Perbandingan.
|
>
|
Perbandingan
lebih besar.
|
<
|
Perbandingan
lebih kecil.
|
>=
|
Perbandingan
lebih besar atau sama dengan.
|
<=
|
Perbandingan
lebih kecil atau sama dengan.
|
< >
|
Perbandingan
tidak sama dengan.
|
Berikut langkah-langkah menghitung
dengan fungsi sum:
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel G7 (untuk mengetahui nilai jumlah).
Ketikkan
rumus “=SUM(C6:F6)”.
Tekanlah
Enter. Muncul nilai jumlah pada sel G6.
Fungsi
Average
Fungsi
average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sederetan bilangan yang
terdapat dalam suatu range.
Rumus:
=AVERAGE(range)
Berikut
langkah-langkah menghitung dengan fungsi average:
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel F6 (untuk mengetahui nilai rata-rata)
Ketikkan
rumus “=AVERAGE(D6:E6)”.
Tekanlah
Enter. Muncul nilai rata-rata pada sel F6.
Fungsi
Max
Fungsi
max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sedereta bilangan yang
terdapat dalam suatu range.
Rumus:
=MAX(range).
Berikut
langkah-langkah menghitung dengan fungsi max:
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel C12 (untuk mengetahui nilai max).
Ketikkan
rumus “=MAX(C6:C10)”
Tekanlah
Enter. Muncul nilai max pada sel C12.
5.4 Fungsi
Min
Fungsi
min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sederetan nilai yang terdapat
dalam suatu range.
Rumus:
=MIN(range).
Berikut
langkah-langkah menghitung dengan fungsi min:
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel C13 (untuk mengetahui niai min).
Ketikkan
rumus “=MIN(C7:C11).
2.5 Cara
Menggunakan Fungsi Logika
Fungsi
product digunakan untuk mengetahui hasil perkalian dari sederetan nilai yang
terdapat dalam suatu range.
Rumus: =PRODUCT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi product
Rumus: =PRODUCT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi product
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel F5 (untuk mengetahui nilai total).
Ketikkan
rumus “=PRODUCT(D5:E5)”.
Tekaknlah
Enter. Muncul nilai total pada sel F5.
2.5 Fungsi
Logika
Fungsi
count digunakan untuk mengetahui jumlah sederetan nilai sel yang terdapat dalam
range. Dengan kata lain count tidak berfungsi mengetahui jumlah nilai suatu
range, akan tetapi hanya mengetahui jumlah sederetan nilai sel.
Rumus: =COUNT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung fungsi acount:
Rumus: =COUNT(range).
Berikut langkah-langkah menghitung fungsi acount:
Buatlah
tabel berikut ini.
Kliklah
sel C11 (untuk mengetahui nilai jumlah).
Ketikkan
rumus “=COUNT(C3:C9).
Tekanlah
Enter. Muncul nilai jumlah pada sel C11.
Menghitung
dengan Rumus IF
Fungsi
IF digunakan untuk menentukan suatu tes logika yang berbentuk =IF(nilai jika
lulus, nilai jika tidak lulus). Contoh siswa kelas 1A melaksanakan ulangan
Madiklat komputer. Bagi siswa yang memperoleh nilai lebih dari 60 “LULUS”, jika
sama dengan atau kurang dari 60 “TIDAK LULUS”. Dengan fungsi IF, Komputer
secara otomatis memberi keterangan dari masing-masing siswa, bergantung dari
data yang diprosesnya.
Rumus: =IF(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi IF:
Rumus: =IF(range).
Berikut langkah-langkah menghitung dengan fungsi IF:
Buatlah
tabel berikut.
Kliklah
sel E5 (untuk mengetahui keterangan).
Ketikkan
rumus =IF(D4>60,”Lulus”,”Tidak Lulus”).
Tekanlah
Enter. Muncul keterangan pada sel E4.
BAB III
PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
Banyak langkah untuk menggunakan Tabel, Grafik, Gambar, Fungsi
Statisik dan Fungsi Grafik. Sesuai minat yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar